Aplikasi Inkscape Untuk Desain

Baru satu tahun ini saya bergabung dengan teman-teman Relawan TIK Pemalang, dengan pengetahuan organisasi di karang taruna  membuat saya tidak begitu canggung didalam memasuki dunia Relawan, namun tentu saja sedikit tercengang dengan apa yang dilakukan oleh tim Relawan TIK yang mengurus Program PUSPINDES. Kebersamaan dan saling membagi ilmu yang saya rasakan adalah nilai yang sulit saya dapatkan dalam kegiatan apapun apalagi tanpa “Uang Lelah”, disini semuanya adalah sesuatu yang biasa. Salah satunya adalah merubah pemikiran saya saat menggunakan sebuah aplikasi desain grafis.

Biasanya saya bekerja mendesain menggunakan laptop kecil dengan Operasi system Microsoft dan aplikasi desain Corel dan Photoshop. Tentu saja dua aplikasi yang saya gunakan bukan aplikasi yang berbayar, cukup searching di Internet dan mencari yang sudah memiliki generator Key. Namun karena ini lah akhirnya Virus berkali-kali menyerang Laptop saya, hingga akhirnya teman-teman Relawan TIK yang berada di PUSPINDES menyuruh saya mengganti OS Laptop saya dengan Linux dan aplikasinya menggunakan Inkscape.

Semula saya tidak meyakini kehandalan aplikasi inkscape yang notebene bersifat Free dan Open Source karena telah lama saya menggunakan dua aplikasi berbayar. Setelah saya coba dan pelajari selama 1 bulan, kini saya sudah terbiasa menggunakan aplikasi Inkscape, penggunaannya sama seperti saya menggunakan aplikasi corel draw. Dan yang kerennya itu adalah saat memproses gambar yang dilakukan oleh Inkscape ini sangat cepat. Dan ukuran dari file yang dihasilkan tidak begitu besar dibandingkan 2 aplikasi berbayar yang telah lama saya lakukan.

Kini aplikasi Inkscape sudah hampir 6 bulan lebih menemani proses pengerjaan beberapa desain grafis yang dibutuhkan oleh teman-teman PUSPINDES dan teman-teman desa. Tentu saja pengetahuan yang saya dapatkan ini akan saya berikan kembali kepada warga desa yang ingin mempelajari Inkscape khususnya. Saya mendapatkan pengetahuan dari para relawan TIK , dan tentu saja pengetahuan yang saya dapatkan ini akan saya ajarkan kembali kepada warga dan masyarakat desa.

Untuk mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas khusus dunia desain grafis, dapat langsung menghubungi saya di Sekretariat PUSPINDES atau melalui email di muslimin@puspindes.id . Agar dapat menentukan jadwal pelatihannya, dan tentu saja pelatihan di lingkungan PUSPINDES adalah FREE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *