Akun Twitter Desa Membuat Desa Semakin Terbuka

Seorang anggota Tim PUSPINDES pada bagian Desain bernama Muslimin asik membuat sebuah infografis mengenai akun-akun twitter milik desa, dan setelah jadi langsung di unggah secara publik melalui akun media twitter milik @puspindes , dan tidak berapa lama banyak komentar mengenai infografis itu. Hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui akun twitter miliknya memberikan dan menshare ulang infografis tersebut.

Kini beberapa puluh desa yang berada di Kabupaten Pemalang telah memiliki akun twitter dan akan terus bertambah , tentu saja ada rasa senang melihat perkembangan desa-desa di Pemalang yang terus membuktikan bahwa mereka memiliki keinginan untuk terbuka dalam menyampaikan informasi pembangunan desa yang dilakukan melalui akun sosial media.

Sebenarnya warga pemalang mayoritas banyak yang menggunakan akun sosial media Facebook namun PUSPINDES mendorong dan membantu desa-desa untuk memiliki akun sosial media melalui jejaring twitter,  yang tentu saja berbeda penanganan dan penggunaannya diantaranya yaitu  harus benar-benar efektif dalam penggunaan kata yang akan disampaikan pada status twitter tersebut, karena sosial media ini membatasi jumlah karakter yang poskan.

Dan kini akun sosial media desa ini terus mengalir di twitter yang mayoritas adalah photo-photo tentang proses pembangunan yang dilaksanakan di desa, mereka tanpa canggung lagi memberikan mention langsung ke pada Menteri Desa @EkoSandjoyo atau Pejabat Di Kementerian Desa seperti @ahmaderani atau kepada Gubernur Jawa Tengah @GanjarPranowo dan juga Bupati Pemalang @pakjunaedi . Dan inilah sebuah keterbukaan dari desa yang digerakkan oleh keinginan desa sendiri.

Semoga dengan kehadiran akun sosial media desa ini memberikan sebuah bukti bahwa orang desapun mampu terbuka, mampu berbagi informasi mengenai proses pembangunan yang terjadi didesa , dan tentu saja merekapun sudah siap untuk dikritisi oleh masyarakat luas terhadap pembangunan desa yang dilakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *