Cerita Kepala Desa Padek

Hartoyo, Kepala Desa Padek Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang
Hartoyo, Kepala Desa Padek Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang

Bermodal ingin membangun dan mengembangkan potensi desa Padek kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, Hartoyo ikut berkompetisi dalam pemilihan kepala desa melalui sisten e-voting. Atas keterpilihannya menjadi kepala desa Padek berarti beliau menerima amanah dari masyarakat untuk membangun desa Padek selama 6 tahun kedepan.

Saat tim Puspindes menyambangi desa Padek dan berbincang dengan Hatoyo selaku kepala desa, beliau menyampaikan potensi yang dimiliki desa dan juga harapan kedepannya untuk desa Padek itu sendiri. Simak percakannya antara tim Puspindes dan kepala desa Padek.

Pertanyaan : Bagaimana pendapat anda tentang keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa?

Jawab: Tentu akan dengan senang hati apabila desa kami dapat diperhatikan yang nantinya menjadi kritik bagi kami supaya terus meningkatkan atau sebagai bahan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Keterbukaan sendiri akan memberikan banyak manfaat daripada menutup diri karena dengan terbuka kita tentu akan mendapat banyak masukan untuk penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik.

Pertanyaan : Bagaimana dengan potensi yang ada di desa Padek?

Jawab : Potensi desa Padek ini sangat luar biasa ditambah dengan pemerintah sedang menggalakkan pembangunan sampai tingkat desa dan ini harus disambut dengan antusias dan gagasan yang segar untuk bisa memberikan harapan kedepannya. Masyarakat desa Padek ini penduduknya relatif homogen sehingga mudah menjalani kehidupan yang hangat dalam persatuan. Kemudian adanya semangat dari pemudanya dalam kepedulian membangun desanya melalui organisasi seperti karang taruna, ansor dan kelompok-kelompok kecil yang ditandai dengan ramainya kegiatan. Meski sumber alam desa Padek terbatas namun dengan sumber daya manusianya yang berkualitas, kreatif dan positif, saya yakin akan menambah peluang besar yang dapat diraih.

Pertanyaan : Meski terbatas, kira-kira potensi alam apa saja yang dapat dimaksimalkan desa Padek untuk kepentingan warganya?

Jawab : Desa Padek memiliki lapangan bola, tugu pahlawan, sawah dengan tanah yang subur dan juga sungai, namun semua ini belum dikelola dengan maksimal. Misalnya saja lapangan bola yang masih mempunyai luas sekitar 7-8 meter yang dapat digunakan sebagai taman bermain baik anak-anak dan juga bersilaturahmi warga. Kemudia tuga pahlawan juga bisa kita manfaatkan menjadi taman pahlawan juga dengan sawahnya yang tidak hanya bisa ditanami padi tapi juga tanaman yang lain ketika musim kemarau, untuk sungainya dapat menjadi tempat budidaya ikan tawar dan juga pemancingan.

Pertanyaan : Adakah perayaan atau tradisi yang biasa dilakukan desa Padek setiap tahunnya?

Jawab : Desa Padek mempunyai tradisi yang dapat dikembangkan intuk kedepannya, seperti budaya sedekah bumi dan khoul para ulama atau para leluhur dapat menjadikan wisata religi dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi dari warganya.

untuk lebih lengkapnya mengenai perbincangan tim Puspindes dengan Kepala Desa Padek dapat langsung diakses di youtube channel Puspindes dengan klik link iniĀ https://www.youtube.com/watch?v=E3mDtjwctnw

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *