Grebeg Literasi di Desa Kalimas

Pemalang – Pemberdayaan menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam membangun Desa. Selama ini Dana Desa yang digelontorkan oleh pemerintah banyak diserap untuk pembangunan infrasturuktur namun sangat disayangkan masih sedikitnya alokasi dana desa untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM). Padahal pembangunan infrastruk haruslah diimbangi dengan pembangunan SDM agar infrastruktur yang dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat desa.

Pada kesempatan ini, Sabtu (21/06) Puspindes mengadakan Grebeg Literasi yang ke-4 kalinya di desa Kalimas kecamatan Randudongkal. Acara Grebeg literasi ini murni inisiatif dari teman-teman Puspindes yang disambut baik oleh beberapa Kepala Desa. Tujuannya adalah agar proses pemberdayaan di desa tetap berjalan.

Acara pembukaan dimulai jam 09.00 Wib dengan dihadiri oleh Kepala Desa beserta jajarannya dan tim Puspindes.

Sambutan Kepala Desa Kalimas dalam pembukaan Grebeg Literasi Digital

“Grebeg literasi yang diadakan oleh tim Puspindes dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat desa Kalimas dengan mengikuti pelatihannya baik untuk pemberdayaan perempuan, remaja maupun karangtaruna. Harapannya pelatihan ini dapat diikuti dengan semangat dan acara berjalan lancar”

Acara pertama Grebeg Literasi diikuti oleh pelajar yang ada di desa Kalimas. Materi yang dibawakan mengenai cara menangkal berita hoax salah satunya adalah dengan memperbanyak konten posistif dan juga cara melaporkan berita hoax dengan cara LaporKonten yang diluncurkan oleh Kemenkominfo.

Suasana Pelatihan pengenalan konten hoax bagi pelajar dalam acara Grebeg Literasi

Diakhir sesi acara pak Kades memberikan tantangan untuk para peserta agar membuat video sekreatif mungkin tentang potensi desa yang ada di Kalimas, tentunya dengan adanya tantangan tersebut ada hadiah menarik dari pak Kades yang disiapkan untuk video terkreatif dan menarik.

Suasana Pelatihan pengisian konten website bagi Karangtaruna

Pukul 16.00 Wib, acara sesi kedua yang diperuntukan untuk Karangtaruna desa Kalimas. Pada kesempatan kali ini, materi yang disampaikan tentang website dimana tim Puspindes membuatkan website karangtaruna-kalimas.desakupemalang.id. Para peserta diajarkan bagaimana cara mengatur tampilan website dan posting berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *