Grebeg Literasi Digital di Desa Cawet

Foto bersama Ibu-ibu Desa Cawet dalam grebeg literasi digital sesi "Pemberdayaan TIK badi Ibu dan Perempuan"
Foto bersama Ibu-ibu Desa Cawet dalam grebeg literasi digital sesi “Pemberdayaan TIK badi Ibu dan Perempuan”

Pemalang РGrebeg literasi digital desa adalah kegiatan Puspindes yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali pada hari sabtu-minggu dengan kegiatan menyasar seluruh elemen masyarakat mulai dari ibu-ibu, pemuda dan remaja desa. Materi yang disampaikan dalam grebeg literasi digital inipun seputar TIK baik untuk mendukung berkembangannya masyarakat desa di kabupaten Pemalang. Tidak hanya materi tetapi kita juga langsung mengeksplor potensi yang ada di setiap desa yang kita kunjungi.

Kegiatan grebeg literasi digital pertama menyasar desa Cawet pada hari sabtu-minggu tanggal (26-27/01), dengan kegiatan pertama ditujukan untuk ibu-ibu dan perempuan pada jam 10.00 Wib. Materi yang disampaikan pada kesempatan ini adalah pemanfaatan internet untuk menambah pemasukan keluarga terutama jual beli online. Penanggung jawab dalam materi ini adalah Erni, Yuni dan Intan yang menyampaikan betapa manfaatnya internet untuk jualan online. Ibu-ibu dan perempuan yang mengikuti pelatihan ini diajarkan untuk membuat e-mail dan media sosial untuk jualan online.

Materi kedua jam 14.00 Wib ditujukan untuk kalangan remaja dengan pemateri Dedi dan Zaenal, materi yang disampaikan adalah mengenai literasi digital, bagaimana para remaja mengerti apa itu internet, manfaat dan bahaya dari internet. Para remaja ini juga diajarkan untuk membuat e-mail dan wordpress untuk membantu pemerintah desa mengeksplor potensi desanya melalui media sosial yang dimiliki para remaja desa Cawet.

Para remaja desa Cawet serius belajar komputer dalam acara grebeg literasi digital sesi kedua "Belajar komputer dasar"
Para remaja desa Cawet serius belajar komputer dalam acara grebeg literasi digital sesi kedua “Belajar komputer dasar”

Kegiatan terakhir adalah nonton bareng yang dipandu oleh Andri Johandri, dalam nonton bareng ini yang diputar adalah video tentang desa dari ITCWatch. Mulai dari film lentera masa sampai assa desa dimana film ini diambil dari beberapa desa yang ada di Indonesia yang memanfaatkan TIK untuk mengenalkan potensi yang ada di desanya. Pada kesempatan ini Om Jo sapaan akrab Andri Johandri yang didampingi oleh Kepala Desa Cawet menantang para pemuda yang hadir dalam acara tersebut untuk berani menampilkan potensinya.

Sebelum acara nonton bareng selesai Taufik Saleh selaku Kepala Desa Cawet juga memberikan masukan dan motivasi kepada para pemuda untuk terus berkarya dan mengeksplor diri-sendiri.

“Jangan berfikiran hasil saat ini tetapi terus berusaha dan mengeksplor apa saja potesi yang ada dalam diri-sendiri maupun desa untuk dimanfaatkan agar potensi desa dan pemuda dapat berkembang menuju kearah yang lebih baik” tutur kepala desa Cawet.

Peserta yang terdiri dari karang taruna desa Cawet serius menonton film dan diskusi tentang pemberdayaan digital.
Peserta yang terdiri dari karang taruna desa Cawet serius menonton film dan diskusi tentang pemberdayaan digital.

Dihari kedua tim Puspindes mengeksplor potensi yang ada di desa Cawet seperti kursi, bingkai, kaligrafi dan asbak dari bambu juga ada budidaya jamur yang dikembangkan oleh salah satu pemuda desa. Pengeksploran ini dilakukan melalui pengambilan video dan wawancara para pelaku usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *