Kelebihan Memakai LibreOffice

Apa itu LibreOffice?

Mungkin belum banyak yang mengenal tentang aplikasi yang satu ini. Karena kebanyakan lebih mengenal Microsoft Office daripada LibreOffice. Tapi pada dasarnya LibreOffice mempunyai fitur dan fungsi yang sama dengan Microsoft Office.

LibreOffice merupakan sebuah paket aplikasi office (perkantoran) yang bersifat free alias gratis, bebas untuk di download, digunakan dan disebarkan. Aplikasi ini dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF) yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran lainnya seperti Microsoft Office dan tersedia dalam berbagai platform.

Secara bahasa, LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang artinya bebas) dan Office (bahasa Inggris yang artinya kantor). Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi sejenis yaitu Open Office dan menggunakan format berkas Open Document (ODF).

LibreOffice sendiri mempunyai beberapa kelebihan diantaranya:

  • Software tak berbayar alias gratis

  • Bisa export ke PDF

  • Bisa membuka dokumen berformat microsoft office

  • Mempunyai fitur dan fungsi yang sama dengan microsoft office

  • Font lebih banyak dan berfariasi

  • Menu Bar lebih kompleks dan efisien

  • Support 32 dan 64 bit

Komponen – komponen LibreOffice

Writer

Merupakan aplikasi untuk menulis dan mengolah kata dengan fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Word. Writer dapat menyimpan file dalam format HTML, XHTML, XML dan PDF. Serta dapat dikoneksikan dengan e-mail client untuk surat menyurat melalui media online.

Calc

Aplikasi yang berfungsi sebagai lembar kerja ini sangat mirip dengan Excel pada Microsoft Office. Mempunyai fitur yang unik dan beragam seperti tabel, rumus fungsi, diagram dan lainnya. Aplikasi ini mendukung format seperti excel, CSV, HTML, XML Spreedsheet dll.

Impress

Sebuah aplikasi untuk presentasi yang bisa diekspor sebagai berkas SWF, sehingga dapat dilihat di komputer yang terinstall Adobe Flash. Cara penggunaan Impress ini sangat mirip dengan Power Point yang ada dalam Microsoft Office.

Draw

Aplikasi yang berfungsi untuk membuat grafik vektor, diagram yang mirip dengan Microsoft Visio. Fitur yang dimiliki juga hampir sama dengan Scribus dan Microsoft Publisher. Draw juga bisa membuat gambar diagram alir dengan tampilan 3D.

Math

Mempunyai fungsi untuk membuat dan menyunting formula matematika yang menggunakan varian XML sebagaimana ditetapkan dalam spesifikasi OpenDocument.

Base

Salah satu komponen dalam LibreOffice yang serupa dengan Microsoft Access sebagai basis data relasional seperti penyusunan laporan dan formulir sehingga memudahkan dalam akses data.

1 thought on “Kelebihan Memakai LibreOffice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *