Literasi Digital di Desa Bulakan

Salah ibu sedang meminta diajarkan oleh ibu yang lain bagaimana cara membuat email

Pemalang – Grebeg literasi digital desa adalah kegiatan Puspindes yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali pada hari sabtu-minggu dengan kegiatan menyasar seluruh elemen masyarakat mulai dari ibu-ibu, pemuda dan remaja desa. Materi yang disampaikan dalam grebeg literasi digital inipun seputar TIK baik untuk mendukung berkembangannya masyarakat desa di kabupaten Pemalang. Tidak hanya materi tetapi kita juga langsung mengeksplor potensi yang ada di setiap desa yang kita kunjungi.

Yuni Lestari sedang memaparkan bagaimana cara membuat email dengan dibantu oleh Nur Intan Permata Hati

Kegiatan grebeg literasi digital bulan Maret ini diadakan di desa Bulakan kecamatan Belik pada hari sabtu-minggu tanggal (23-24), dengan kegiatan pertama ditujukan untuk ibu-ibu dan perempuan pada jam 10.00 Wib. Materi yang disampaikan pada kesempatan ini adalah pemanfaatan internet untuk menambah pemasukan keluarga terutama jual beli online. Penanggung jawab dalam materi ini adalah Yuni dan Intan yang menyampaikan betapa manfaatnya internet untuk jualan online. Ibu-ibu dan perempuan yang mengikuti pelatihan ini diajarkan untuk membuat e-mail dan media sosial untuk jualan online.

Pemberian hadiah kepada adik-adik yang berani maju ke depan untuk menjawab pertanyaan dari Om Jo

Materi kedua jam 14.00 Wib ditujukan untuk kalangan remaja dengan pemateri Sukma dan Om Jo, materi yang disampaikan adalah mengenai literasi digital, bagaimana para remaja mengerti apa itu internet, manfaat dan bahaya dari internet. Para remaja ini juga diajarkan untuk membuat e-mail dan blog guna menunjang potensi yang dimiliki oleh para remaja ini.

Kegiatan terakhir adalah diskusi bareng kepala desa Bulakan dan pemuda desa Bulakan dengan Puspindes. Dalam acara diskusi bareng ini Om Jo banyak menyampaikan gagasan yang bisa dilakukan oleh para pemuda desa Bulakan salah satunya menjadikan desa Bulakan menjadi desa Literasi Digital.

Dihari kedua tim Puspindes mengeksplor potensi yang ada di desa bulakan salah satunya adalah pembuatan Nasi Jagung. Pengeksploran ini dilakukan melalui pengambilan video dan wawancara para pelaku usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *