Manfaat Email Resmi Desa

Email (Elektronik Mail) atau dalam bahasa Indonesia kita sebut dengan Surel (Surat Elektronik) adalah bagian yang tak pernah terpisahkan dalam bagian tata kelola administrasi dan pemerintahan. Begitu juga dengan desa, memiliki alamat email yang resmi adalah pilihan yang harus dilakukan oleh desa tanpa perlu dipertimbangkan lagi, jika pemerintah desa kita ingin terlihat lebih profesional.

Walaupun diluaran sana masih banyak pemerintah desa yang masih menggunakan akun email gratisan seperti gmail.com, yahoo.com, live.com dan aol.com atau layanan email gratisan lainnya dengan berbagai penawaran serta keunggulannya tentu ini yang sangat menggiurkan, akan tetapi cobalah anda pikirkan tentang fakta bahwa, dengan satu perubahan sederhana dari layanan email resmi desa yang anda gunakan, anda dapat sangat meningkatkan citra desa dan pemerintahan desa anda.

 

Apa itu Alamat Email Resmi Desa?

Alamat email resmi desa adalah alamat email resmi yang diakhiri dengan nama domain situs pemerintah desa. Untuk menguatkan dan menerangkan email resmi desa, biasanya desa membuat peraturan desa tentang Pengelolaan Media Komunikasi Elektronik, atau Pengelolaan Aduan Masyarakat melalui Media Komunikasi Elektronik, yang didalamnya menerangkan bahwa untuk untuk aduan melalui Elektronik Mail, silahkan dikirimkan melalui email berikut.

Sebagai contoh info@cawet.desa.id atau cawet@desakupemalang.id.

Alamat email diatas sudah menyampaikan banyak hal yang secara nilai sudah mewakili pemerintah desa, sangat berbeda sekali jika anda masih menggunakan layanan email gratisan yang mungkin semua orang bisa membuatnya.

Anda bisa melihat sendiri mengapa bisnis dan organisasi profesional lebih suka menggunakan alamat email resmi seperti contoh diatas dibandingkan dengan menggunakan layanan email gratisan.

 

Manfaat Memiliki Akun Email Resmi Desa

  • Management Email Lebih mudah dalam mengelola email, karena sudah dipisahkan antara email pribadi dan email pekerjaan, jadi anda bisa lebih fokus dalam melakukan pekerjaan dan mengelola email yang hanya terkait dengan pekerjaan anda.
  • Kepercayaan. Memiliki alamat email yang memiliki nama domain desa atau yang sudah di tuangkan di dalam peraturan desa memberikan rasa percaya kepada semua orang yang berkomunikasi dengan anda. Semua orang dapat membuat akun email dengan salah satu penyedia email gratis yang populer, tetapi hanya orang yang benar-benar bekerja untuk desa anda yang dapat menggunakan alamat email resmi pemerintah desa.
  • Keamanan. Anda tidak perlu khawatir tentang hilangnya data penting, masalah keamanan, atau kehilangan kontak setiap kali orang mengubah posisi atau keluar. Dengan alamat email desa dan resmi, semuanya akan aman di satu tempat.
  • Profesionalisme. Dengan membuat alamat email resmi, anda dapat mengontrol bagaimana desa anda dirasakan di depan umum. Mungkin ada banyak hal lucu, bukan untuk mengatakan alamat email umum yang tidak baik tetapi untuk profesional pada pelayanan public, email umum lebih baik ditinggalkan, kecuali untuk keperluan pribadi.
  • Brand-awareness. Dalam komunikasi, alamat email remi anda akan selalu bertindak sebagai promotor pemerintah desa anda dan brandnya dengan menampilkan nama situs web desa anda.

Email @desakupemalang.id

Email @desakupemalang.id adalah email yang disediakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Pemalang melalui Program PUSPINDES, Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa untuk pemerintah desa di Kabupaten Pemalang. Alamat email ini dibuat berseragam dengan format namadesa@desakupemalang.id . Sengaja dibuat berseragam seperti ini dengan tujuan untuk memudahkan komunikasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *