Membangun Dari Hal Yang Kecil

Program Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa adalah program yang  diinisiasi oleh Gerakan Relawan TIK Indonesia di wilayah kabupaten Pemalang untuk memberikan literasi dan pengetahuan tentang Internet dan Pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi pemerintah desa.

Bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana BAPERMAS KB Kabupaten Pemalang pada tahun 2015 , kegiatan literasi dan peningkatan pengetahuan TIK diawali dengan sebuah pekerjaan yang sederhana yaitu memberikan pengetahuan dan pelatihan membangunan layanan informasi publik desa melalui website desa.

Sebuah pekerjaan yang sangat mudah dilakukan khususnya bagi para Lulusan Sarjana Informatika yang bergabung di dalam Relawan TIK Indonesia. Namun bukan masalah kemudahan yang dinilai dari proses pembangunan masyarakat desa melalui bidang TIK ini tetapi ada hal yang utama yaitu kesungguhan, dan berkelanjutan. Memberikan pengetahuan sederhana hanya sebatas “Membuat website” ternyata mampu mengangkat pemeritah desa di Pemalang untuk mampu bersaing dengan desa-desa lainnya di daerah kabupaten lainnya.

Keberlanjutan, kontinyuitas, terus-menerus itulah kunci keberhasilan pekerjaan yang sederhana yang akan menjadi sebuah bukti akan sebuah usaha yang nyata. Dengan satu proses yang sederhana dan digeluti dengan proses yang berkelanjutan ,kini program PUSPINDES yang memiliki andil dalam mengawal Pemerintah Desa pada penerapan pelaksanaan Sistem Informasi Desa terus melakukan inovasi pemberdayaan informatika desa, bukan hanya membangun aplikasi yang dibutuhkan pemerintah desa saja tapi juga terus melakukan pelatihan peningkatan kapasitas bagi masyarakat dan pemerintahan desa di bidang TIK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *