Mengenal lebih dekat Pramuka Saka Milenial

Jawa Tengah- Tahun 2018 Rintisan Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital ( SAKA MILENIAL )

dikembangkan untuk membangun Pemuda Khususnya Anak – Anak Pramuka di Bidang IT dari Pramuka Khususnya Golongan Penegak di wilayah Jawa Tengah untuk membantu membangun Desa dan Juga Melawan Hoax Khususnya Bidang IT .

Saka Milineal ini  pertama di Indonesia ,Saka sendiri berasal dari kata Satuan Karya. Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabida) Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP mengatakan ide kelahiran Saka Milenial bermula dari kekhawatirannya terhadap hoaks yang semakin liar. Saat peringatan Hari Pramuka di Tegal  Waktu itu, dia mengutarakan jika perlawanan terhadap hoaks harus disengkuyung berbagai pihak, tidak terkecuali Pramuka.

Lambang Pramuka Saka Milenial

ARTI DAN LAMBANG SAKA MILENIA.
1. Lambang Segi Lima berarti berlandaskan Pancasila dan memiliki 5 Krida.
2. Lambang Garis Putih berarti niat yang bersih didalam menyelanggarakan pembinaan dan peningkatan pengetahuan, keterampilan dibidang Teknologi Informatika bagi anggotanya.
3. Warna Dasar Biru arttinya keluasan Ilmu Pengetahun di bidang Teknologi Informatika yang dimiliki.
4. Sinyal Berwarna Merah Putih , kekuatan penyebaran Informasi, pengetahuan dan keterampilan teknologi Informatika dengan menjungjung keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
5. Tiga Simbol Generasi yaitu simbol kekuatan Generasi yang ber-Trisatya sebagai
GARIS PUTIH TEPI SINYAL MERAH PUTIH
DASAR BIRU
TIGA SIMBOL GENERASI
DUA TUNAS KELAPA
TULISAN PUTIH
Mitra Pembangunan didalam penerapan invoasi dan literasi teknologi Informatika sebagai generasi harapan Bangsa.
6. Dua Tunas Kelapa yaitu simbol keseimbangan anggota Gerakan Pramuka dalam Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan.
7. Tulisan Putih SAKA MILENIA simbol dari singkatan Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informatika yaitu anggota SAKA MILENIA memiliki kekuatan kebaikan didalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan Teknologi Informatika

Oleh sebab itulah Saka Milenial Hadir untuk generasi Muda khususnya Pramuka mengerti bidang-bidang yang akan di ajarinya seperti jaringan,pembuatan aplikasi,desain grafis,dan masih banyak lagi yang akan diajarkan,untuk kegiatan Saka Milenial di dampingi oleh teman-teman Puspindes seperti Faur,Muslimin,Husni,Juwang,Bowo,Bara dll.

Kegiatan Saka Milenial di fokuskan kekreatifan untuk menciptakan dan membangun dunia baru dalam Dunia IT dan juga dialamnya ada keakraban satu sama lain ada juga kegiatan sejenis Permainan dan tanya jawab agar lebih mengasikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *