Mengenal Sidekem Berbasis Website

Gambar di atas adalah tampilan dari sidekem.web.id
Gambar di atas adalah tampilan dari sidekem.web.id

Sidekem adalah sebuah akronim dari Sistem Informasi Desa dan Kawasan Kabupaten Pemalang. Nama Sidekem sendiri diambil dari salah satu makanan khas Pemalang yaitu Lontong Dekem. Sidekem ini adalah sebuah aplikasi yang kembangkan oleh teman-teman RTIK Pemalang yang didukung oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini di bawah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) nama programnya sendiri adalah Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (Puspindes).

Aplikasi Sidekem ini untuk Sistem Informasi Desa (SID) yang digunakan oleh desa-desa se-Kabupaten Pemalang. Sidekem sendiri dari awal pembuatan aplikasi sudah mengalami beberapa perubahan atau pengembangan. Awal di launchingnya aplikasi Sidekem masih berbentuk desktop dan offline sehingga jika ingin menggunakan aplikasi tersebut harus diinstall terlebih dahulu tetapi tidak perlu jaringan internet karena masih offline, selanjutnya aplikasi sidekem mengalami perkembangan dengan harus sistem online meski masih berupa desktop.

Nah di awal tahun 2018 ini, lagi-lagi aplikasi Sidekem mengalami perkembangan. Kali ini aplikasi Sidekem berbasis website sehingga sudah tidak perlu menginstall aplikasi di tiap laptop, cukup masuk ke alamat websitenya dan masukkan surel name beserta kunci yang sudah dikasih ketiap admin desa dan saja tentu dengan terkoneksi internet. Secara prinsip dan isi dari aplikasi ini sama seperti di awal pembuatan yaitu untuk pelayanan masyarakat namun ada beberapa kelebihan dari Sidekem berbasis website ini, yaitu:

  1. Sidekem berbasis website ini tidak perlu menginstall cukup koneksi internet kemudian masuk ke alamat websitenya dan masukkan surelname dan kunci.
  2. Karena tidak perlu mengintall terlebih dahulu jadi Sidekem website ini bisa digunakan oleh seluruh aparatur desa di laptopnya masing-masing asal terkoneksi internet.
  3. Tampilan dasbor Sidekem website lebih mudah dipahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *