PUSPINDES Didampingi Oleh DINPERMASDES Melaksanakan Pelatihan Optimalisasi Website Desa di Kecamatan Watukumpul

Foto oleh Juwang. Bowo (PUSPINDES) menyampaikan materi Jurnalis Warga kepada peserta.
Sumitro Aji Prabowo (PUSPINDES) sedang menyampaikan materi Jurnalisme Warga kepada para peserta. Dokumentasi tim puspindes.

PUSPINDES yang didampingi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DINPERMASDES) Kabupaten Pemalang melaksanakan Pelatihan Optimalisasi Website Desa, Selasa (25/01). Pelatihan ini berlangsung di ruang Sekretariat PKK Kecamatan Watukumpul dan diikuti oleh para peserta dari desa yang diwakili oleh admin desanya masing-masing.

Berdasarkan jadwal, pelatihan ini seharusnya dihadiri oleh 10 admin desa, namun hanya 9 admin desa yang hadir dan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Dimana 1 admin desa dari Desa Cikadu merupakan peserta tambahan yang sebenarnya tidak terdapat dalam jadwal, sedangkan 2 admin desa yang terdapat dalam jadwal namun tidak hadir pada kegiatan tersebut adalah dari Desa Gapura dan Desa Cawet.

Adapun kesembilan admin desa yang hadir tersebut di atas, yaitu dari:

  1. Desa Majalangu
  2. Desa Tambi
  3. Desa Watukumpul
  4. Desa Wisnu
  5. Desa Bodas
  6. Desa Bongas
  7. Desa Pagelaran
  8. Desa Tlagasana dan
  9. Desa Cikadu

Acara pelatihan ini dimulai pada pukul 09.30 WIB, dibuka dengan sambutan dari Siti Warkiyah selaku Kasi PMD Kecamatan Watukumpul dan dilanjutkan sambutan oleh Indarto yang merupakan perwakilan dari DINPERMASDES Kabupaten Pemalang. Tim PUSPINDES sendiri juga hadir sebagai tutor dengan membawakan materi Jurnalisme Warga atau biasa disebut Citizen Journalism.

“(Diadakannya program) Pelatihan Optimalisasi Website Desa ini sebagai tindak lanjut atas himbauan Bapak Gubernur (Jawa Tengah) agar seluruh desa mempunyai website dan dapat aktif menyampaikan berbagai informasi melalui website (desa) tersebut.” tutur Indarto, DINPERMASDES Kab. Pemalang.

Untuk pelatihannya sendiri diawali oleh Sumitro Aji Prabowo (Tim Puspindes) yang menjelaskan tentang materi tersebut di atas, kemudian dilanjutkan dengan praktik menulis artikel berita yang baik dan benar langsung di website desanya masing-masing yang dipandu oleh Nanda Arfan Hakim (Tim Puspindes).

Meski dimulai dengan sedikit molor (terjadwal dimulai pukul 08.00 WIB) dan terdapat kendala keterbatasan koneksi internet, para peserta tetap semangat dan antusias untuk mengikuti pelatihan. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya admin desa Desa Cikadu yang sebenarnya tidak terdapat dalam jadwal pelatihan hari itu, namun tetap semangat mengikuti jalannya pelatihan sampai akhir. Selain itu, antusiasme peserta juga dibuktikan dengan munculnya berbagai pertanyaan tentang website desa dari beberapa peserta kepada pengisi materi.

Bahkan ketika acara sudah selesai dan ditutup saja masih terdapat peserta yang ingin bertanya dan tetap melanjutkan ngoprek website desanya. Melihat antusiasme yang seperti itu, diharapkan para admin desa yang hadir mengikuti pelatihan tersebut agar kedepannya dapat mulai aktif mengelola website desanya.

“Adanya website desa bertujuan untuk sarana penyampaian informasi yang ada di desa kepada masyarakat. Selain itu, website desa juga dapat digunakan sebagai media promosi potensi yang ada di desa. Jadi, Saya berharap agar kedepannya website desa (di Kabupaten Pemalang) dapat mulai aktif seluruhnya. ” ujar Sumitro Aji Prabowo dari tim PUSPINDES.

Untuk diketahui bahwa seluruh desa – dengan total 211 desa – di Kabupaten Pemalang sudah memiliki website desa masing-masing, namun masih banyak desa yang websitenya belum aktif dikelola. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan diadakannya pelatihan ini.

Sedangkan acara Pelatihan Optimalisasi Website Desa ini sendiri sudah dilaksanakan sebanyak 8 kali, diawali pada Senin (15/01) di Kecamatan Pemalang dan dilanjutkan hari-hari selanjutnya dengan menyasar kecamatan-kecamatan yang terdapat desa yang website desanya belum aktif.

Selain itu, terdapat juga Lomba Website Desa yang diadakan setiap tahun dan tahun ini sudah masuk tahun kedua. Gelaran tersebut diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada para admin desa yang sudah aktif mengelola dan menyampaikan informasi melalui website desanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *