Mengenal Komputer Dasar

Pada jaman sekarang penggunaan teknologi menjadi hal yang lurah, setiap orang tidak hanya di kota bahkan di desa-desa sudah banyak mengenal komputer. Lantas apa saja perangkat komputer, mari simak tulisan berikut:

Sistem komputer terdiri dari beberapa komponen yaitu :

–          Hardware (perangkat keras)

–          Software (perangkat lunak)

–          Brainware (pengguna)

Semua komponen tersebut saling mendukung antara satu dengan yang lain sehingga sistem komputer dapat beroperasi.

11)      Hardaware (Perangkat keras)

Input device adalah perangkat yang di gunakan untuk memasukkan data dan perintah kedalam komputer untuk di olah menjadi lebih lanjut, perangkay ini dapat berupa sinyalinput atau maintenaceSinyal input ini berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer sedangkan maintenanceberupa program yang digunakan untuk mengolah data yang di masukkan.

1.1   Keyboard : merupakan unit masukan yang paling penting untuk mengetik, memasukkan perintah atau data yang akan di olah. Ada beberapa jenis keyboar salah satunya keyboard variasi yaitu keyboard yang tombolnya berjumlah 88, 101, 102, 104, dan 109.

          Pada tombol keyboard di kelompokkan menjadi 4 bagian yaitu :    Typewrinterkey,Numeric key, Function key, dan Special function key.

a. Typewrinter key : merupakan tombol utama dalam input terdiri atas alfabet dan tombol lainnya.

– Back space: untuk menghapus satu karakter di kiri kursor

– Insert : untuk menyisipkan gambar

–  Delete : untuk menghapus satu karakter di posisis kursor

–  End : untuk berada di akhir kalimat

– caps lock : untuk mengatur besar kecil nya abjad

–  pg up : untuk melihat halaman atas dokumen

–  Pg dn :untuk melihat halaman bawah dokumen

b.  Numeric key : bila tombol lock numb aktif maka berfungsi untuk mengetikan angka, sedangkan bila mati berfungsi ssebagai arrow key.

c. Fungtion key : tombol ini terdiri dari f1 sampai f12 fungsi masing-masing tombol ini tergantung masing-masing program komputer yang digunakan.

d. Special fungtion key : mempunyai fungsi bila di tekan bersamaan dengan tombol lainnya, misalkan : tombol Shift + arrow key untuk menggerser kursor dengan menekan tombol Ctrl + Arrow key

Jenis atau tipe : PS 2 dan USB

1.2   Mouse : perangkat yang di gunakan untuk mengontrol apliaksi terutama aplikasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface)

Jenis : tipe : PS 2 , USB , Serial , Wirelles.

1.3   Scaner : berfungsi untuk memindah gambar, tulisan / objek benda kedalam format digital sehingga dapat di olah oleh komputer.

22)      Proces (proces device)

 Peralatan proces adalah alat yang di gunakan untuk melakukan peralatan pemrosesan data. Yang termasuk peralatan pemrosesan adalah CPU (Central Processing Unit), ROM (Random Only Memory), dan RAM (Random Acess Memory).

1.1   CPU (Ceentral Processing Unit) :  merupakan pusat pengolahan dan pengontrol segala pemrosessan data.

Jenis : pentium, intel, AMD, dual core, core to duo, core i3, core i4, core i7, dan yang terbaru core i7 extrem.

1.2   RAM (Random Acess Memory) : merupakan memory yang bersifat sementara yang mana bila komputer mati maka program / data aka hilang.

Jenis : EDORAM, SDRAM, DDRAM

1.3    ROM (Ramdom Only Memory) : merupakan memory yang bersifat permanen yang dapat di baca tetapi tidak dapat di perbarui, berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer seperti Biosdan program Boothing.

33)      Perangkat keluaran (output device)

Perangkat keluaran yang digunakan untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan baik dalam bentuk visual, audio, dan cetak.

3.1  Monitor :  di tancapkan di VGA port onboard / VGA card, monitor merupakan sarana   untuk menampilkan informasi yang telah diolah oleh processor.

        Monitor memiliki resolusi 256 colour sedangkan berdasarkan ukuran kecepatan tambahan tembakan elektron dan  besarnya (refresh rate) datap diatur melalui sistem operasi 60 Hz, 70 Hz, dsb.

3.2  LCD projector : berfungsi untuk menampilkan gambar (visual) hasil pemrosesan data, LCD  memerlukan objek lain sebagai penerima pemancaran sinyal-sinyal gambar tersebet yang pada umumnya berupa dinding putih atau white board.

3.3  Printer : digunakan untuk mencetak dokumen yang berbentuk teks dan gambar dari format elektronik (soft copy) ke dalam bentuk nyata (hard copy), satuan kecepatan printer dalam menyetak dinyatakan dalam karakter per detik CPS (character persecond), karakter per menit LMP (line perminutes), karakter per halaman PPM (pages perminutes).

        

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *