Pelatihan Peta Desa Di Kecamatan Randudongkal

Pemalang, Kamis 8 Agustus 2019. Puspindes melanjutkan pelatihan peta desa (Lanjutan) di pendopo Kecamatan Randudongkal. Pada pelatihan Peta nantinya akan menggunakan software bernama QGIS, sebelumnya kami memperkenalkan terlebih dahulu mengenai konsep peta dan sistem koordinat kepada peserta. Karena kedua unsur ini nantinya saling berkaitan dalam pembuatan peta tematik di tingkat desa.
Satu hal yang membuat kami senang adalah bahwa kawan-kawan di level desa sedari sekarang sudah mulai “sadar” akan pentingnya informasi geospasial ini karena bisa membantu kinerja dan program pembangunan di desa khususnya.

Juwang sedang mengajari peserta

Selanjutnya pengenalan software QGIS, kegunaan, fungsi dan benefitnya. Software ini yang nantinya digunakan untuk mengolah data spasial, dan menjadikannya sebuah tampilan peta di desktop.
Setelah itu akan dilakukan proses instalasi software QGIS ke masing-masing laptop peserta agar nanti bisa langsung praktek. Ya dalam pelatihan ini, jika hanya diterangkan tentang konsep, pastinya akan mudah cepat hilang materi terebut, tetapi jika dibarengi dengan praktek, insya Allah akan lebih mudah dan cepat belajarnya.

Pelatihan ini di ikuti :

  1. Desa Banjaranyar
  2. Desa Gembyang
  3. Desa Gongseng
  4. Desa Kalimas
  5. Desa Kalitorong
  6. Desa Karangmoncol
  7. Desa Kecepit
  8. Desa Kejene
  9. Desa Kreyo
  10. Desa Lodaya
  11. Desa Mangli
  12. Desa Mejagong
  13. Desa Penusupan
  14. Desa Randudongkal
  15. Desa Rembul
  16. Desa Semaya
  17. Desa Semingkir
  18. Desa Tanahbaya
Peserta sedang fokus melakukan pemetaan

Demikian bentuk pelatihan Peta menggunakan QGIS yang kami laksanakan bersama dengan Pemerintah Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang.

Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak akan terlaksananya pelatihan GIS di ruangan UPK Kecamatan Randudongkal dengan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *