Pelatihan Website Desa di Kecamatan Pulosari

Para peserta sedang menambahkan statistik kependudukan yang diambil dari Sidekem Web
Para peserta sedang menambahkan statistik kependudukan yang diambil dari Sidekem Web

PEMALANG – Selasa (06/03), DINPERMASDES bersama PUSPINDES kembali mengadakan pelatihan website desa yang sebelumnya juga diadakan pada bulan Januari. Pelatihan ini diadakan di Pendopo Kecamatan Pulosari dengan dihadiri oleh perwakilan DINPERMASDES, PUSPINDES, Kecamatan serta para admin Desa se-Kecamatan Pulosari.

Acara tersebut dimulai pukul 10.00 WIB, dibuka oleh pihak Kecamatan Pulosari dilanjutkan sambutan dan pengarahan dari Indarto Kasie PID DINPERMASDES Kabupaten Pemalang. Kemudian masuk ke acara Pelatihan Website Desa yang diisi oleh Tim PUSPINDES.

“Pelatihan ini sebagai tindaklanjut pelatihan yang diadakan pada bulan Januari, dimana pelatihan tersebut diikuti oleh admin desa yang websitenya kurang aktif. Namun satu bulan setelah pelatihan masih banyak yang tidak aktif, bahkan yang dulunya aktif juga menjadi tidak aktif. Sehingga pelatihan kali ini mengundang seluruh admin desa baik yang aktif maupun kurang aktif.” ujar Indarto, Kasie PID DINPERMASDES Kabupaten Pemalang.

 

“Selain itu, PUSPINDES sendiri masuk 5 besar (Champion) dalam ajang WSIS Prize yang diadakan oleh PBB melalui dewan pakar ITU ( International Telecomunication Union). Nantinya pada tanggal 18-23 maret PUSPINDES beserta pak Bupati, Kepala DINPERMASDES dan Perwakilan Kepala Desa Kabupaten Pemalang akan berangkat ke Swiss untuk mempresentasikan pemberdayaan TIK untuk kemajuan desa-desa di Pemalang. Jadi diharapkan desa-desa di Kabupaten Pemalang dapat mencerminkan desa yang memanfaatkan TIK sebagai salah satu cara untuk memajukan desanya salah satunya dengan mengaktifkan websitenya masing-masing.” tambahnya.

Setelah pelatihan ini diharapkan Admin Website Desa dapat melalukan konfigurasi HTTPS di website desa masing-masing. Admin Website Desa juga dapat menambahkan grafik statistik kependudukan yang didapat dari Sidekem Web. Selain itu, Admin Website Desa juga diberi informasi persyaratan dan ketentuan permahonan domain desa.id.

Hal tersebut sesuai yang disampaikan oleh Gatot selaku tim PUSPINDES yang ikut mendampingi pelatihan website desa di kecamatan Pulosari.

“Pelatihan kali ini lebih membahahas secara teknis tentang website itu sendiri, dimana para peserta diajarkan konfigurasi dari HTTP menjadi HTTPS agar data yang dibagikan lewat website desa aman serta pengenalan Sidekem Web yang data statistik kependudukannya dapat ditambahkan kedalam website desanya masing-masing. Kami juga mendorong agar seluruh desa di kabupaten Pemalang dapat menggunakan domain Desa.id” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *