Peningkatan Kapasitas Admin Desa Kecamatan Ulujami

Penyampaian Materi Jurnalistik Warga

Dinas Pemberdayaan Masyarakan dan Pemerintahan Desa (DINPERMASDES) beserta Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (PUSPINDES) bekerjasama dengan Kecamatan Ulujami menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Admin Website Desa dengan tema Jurnalistik Wargapada hari Kamis (18/01) di pendopo Kecamatan Ulujami. Pelatihan Jurnalistik Warga ini diikuti oleh beberapa perangkat desa dan mahasiswa KKN yang didampingi oleh Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB, adapun rangkaian acaranaya pertama pembukaan oleh Camat Ulujami yang dilanjukan sambutan dari perwakilan DINAPERMASDES. Faur (TIM PUSPINDES) selaku pemateri menyampaikan materi tentang Jurnalistik Warga atau yang biasa disebut Citizen Jurnalizeme dilanjutkan dengan pelatihan menulis dan praktik langsung bagaimana cara menulis berita, opini, dll. Peserta diajarkan dan diarahkan tata cara reportasa, mulai dari mengambil foto hingga mencatatpoin-poin kegiatan dalam catatan kecil. Tidak selesai disini, peserta juga dipandu cara untuk menulis berita di laptop masing-masing sebelum berita benar-benar matang dan siap dipublikasikan. Peserta tampak antusias mengikuti langkah demi langkah yang disampaikan kepada mereka.

Semoga dengan diadakannya Pelatihan Jurnalistik warga ini dapat mempersiapkan dan memberi bekal kepada perangkat masing-masing desa yang nantinya ditugaskan sebagai admin webside desa serta dapat menambah wawasan keilmuan terkait Jurnalistik warga. Tutur Camat Ulujami.

Faur  selaku Pemateri Pelatihan Jurnalistik Warga mengatakan desa dan masyarakat khususnya admin website desa di era modern seperti sekarang ini sangat penting belajar mengenai Jurnalistik karna dapat dijadikan solusi cerdas bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi.

Dengan diadakannya pelatihan Jurnalistik ini adalah salah satu satu solusi agar admin desa paham dengan dunia Jurnalistik sehingga bisa memanfaatkan media massa seperti media cetak dan media onlaine untuk menyalurkan aspirasi atau gagasan-gagasan cerdas selaku perangkat desa. Tutup Faur yang Juga salah satu TIM Puspindes.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *