Pertama di Indonesia: Akun Twitter Pemerintah Desa Terverifikasi oleh Twitter

Rangkuman aftar beberapa akun pemerintah desa di Kabupaten Pemalang yang telah diverifikasi oleh Twitter. Desain grafis oleh Muslimin.
Rangkuman daftar beberapa akun pemerintah desa di Kabupaten Pemalang yang telah diverifikasi oleh Twitter. Desain grafis oleh Muslimin.

PUSPINDES – Tak mau kalah dengan akun media sosial artis atau para tokoh ternama, beberapa akun Twitter pemerintah desa di Kabupaten Pemalang telah bercentang biru–tanda akun telah terverifikasi oleh pihak Twitter. Kurang lebih sebanyak 20-an akun pemdes telah disetujui sebagai akun resmi oleh Twitter.

Hal ini disebut menjadi yang pertama di Indonesia(*): di mana biasanya hanya akun media sosial artis, tokoh ternama, pemerintah, badan dan/ lembaga besar yang terverifikasi akun medsos-nya. Namun, kali ini menjadi berbeda, akun pemdes yang berhasil memiliki ‘centang biru’ di Twitter. Padahal, jumlah para pengikutnya tak ada yang lebih dari 2000 orang.

(*) Koreksi jika salah…

Mungkin bagi beberapa orang awam, hal tersebut tidak terlalu penting. Namun, menjadi spesial untuk para Admin Desa yang selama ini telah bekerja sukarelawan untuk memberikan informasi dan menanggapi segala permasalahan masyarakat desanya di media sosial khususnya Twitter. Antusiasme Admin Desa terbukti melalui beberapa cuitan tuit mereka beberapa waktu setelah akun mereka terverifikasi pada Kamis (28/06).

Beberapa cuitan antusiasme para admin desa setelah akun pemerintah desanya terverifikasi oleh Twitter. Sumber: Twitter @puspindes.
Beberapa cuitan antusiasme para admin desa setelah akun pemerintah desanya terverifikasi oleh Twitter. Sumber: Twitter @puspindes.

Selain menandakan sebagai akun resmi pemerintah desa, dengan adanya ‘centang biru’ kredibilitas akun tersebut menjadi naik, karena masyarakat menanggap informasi yang dibagikan memang merupakan informasi resmi dari desa tersebut.

PUSPINDES sebagai rekan sekaligus pendamping desa, mengucapkan selamat kepada teman-teman Admin Desa yang akun Twitternya telah terverifikasi. Ucapan selamat juga diberikan kepada beberapa admin akun pemerintah daerah yang juga turut terverifikasi. Tak lupa pula, kami ucapkan banyak terima kasih kepada admin Provinsi Jateng yang dengan senang hati membantu mengajukan permohonan verifikasi ini kepada Twitter.

Kami harap setelah terverfikasinya akun tersebut dapat mendorong agar para admin menjadi lebih semangat lagi untuk menginformasikan segala kegiatan yang ada di desanya kepada masyarakat luas. Selain itu juga, kami harap agar Admin Desa dapat lebih bijak dan bertanggung jawab terhadap informasi yang diberikan.

Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada Admin Desa Kabupaten Pemalang dan terima kasih banyak kepada admin Prov. Jateng. (Nanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *