PUSPINDES Dampingi KKN UNDIP dalam Acara Pelatihan Website Desa di Kecamatan Taman

PUSPINDES yang ditunjuk oleh DINPERMASDES Kabupaten Pemalang menghadiri undangan dari Tim KKN UNDIP dalam acara Pelatihan Website Desa di Kecamatan Taman, Sabtu (03/02). Acara tersebut merupakan bentuk kolaborasi dari teman-teman KKN UNDIP jurusan komputer dengan PUSPINDES. Tim PUSPINDES sendiri hadir dalam acara tersebut sebagai pendamping untuk menangani masalah teknis website desa.

Bertempat di Pendopo Kecamatan Taman, acara tersebut dihadiri juga oleh para admin desa dari Kec. Taman sebagai peserta. Acara tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB, dibuka oleh Harlian Tri Mardian dari perwakilan KKN UNDIP kemudian dilanjutkan sambutan oleh Zaenal Muttaqin dari PUSPINDES.

Zaenal Muttaqin (Duduk, sebelah kiri) & Harlian Tri Mardian (Berdiri) memberikan sambutan pada awal acara. Dokumentasi Tim Puspindes.
Zaenal Muttaqin (Duduk, sebelah kiri) & Harlian Tri Mardian (Berdiri) memberikan sambutan di awal acara. Dokumentasi Tim Puspindes.

Zaenal Muttaqin atau Zen sangat mengapresiasi dan mendukung diselenggarakannya program pelatihan wesbite dari KKN UNDIP ini, karena sesuai dengan program PUSPINDES sendiri. Sebelumnya PUSPINDES juga telah melakukan program yang sama pada pertengahan Januari hingga awal Februari 2018.

“Saya mendukung dan mengapresiasi diselenggarakannya acara pagi hari ini karena sesuai dengan program PUSPINDES. Sebelumya kita (Tim PUSPINDES) juga telah melaksanakan program Pelatihan Optimalisasi Website Desa yang baru saja selesai pada dua hari yang lalu.” tutur Zen.

Pada sambutannya tersebut, Zen juga menyampaikan kembali pernyataan dari Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Pemalang tentang keaktifan Sistem Informasi Desa yang salah satunya adalah website desa.

Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) sudah memerintahkan seluruh desa agar memiliki website dan dapat aktif dikelola untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Selain itu, pada Rapat Koordinasi Kades (18/12/2017), Bupati (Kab. Pemalang) juga sudah menuturkan bahwa keaktifan Sistem Informasi Desa (salah satunya website desa) menjadi salah satu persayaratan untuk pencairan dana bantuan untuk desa. Oleh karena itu, Saya berharap agar website desa di Kabupaten Pemalang dapat mulai aktif seterusnya.” tambahnya.

Para peserta sedang serius mengikuti jalannya pelatihan. Dokumentasi Tim Puspindes.
Para peserta sedang serius mengikuti jalannya pelatihan. Dokumentasi Tim Puspindes.

Salah satu dari Tim KKN UNDIP menuturkan bahwa mereka sudah mengundang 21 desa dari Kecamatan Taman, namun yang hadir pada acara pagi itu hanya separuhnya. Meski begitu, acara tetap berjalan lancar dari awal sampai akhir. Selain mengadakan pelatihan website, mereka juga mengadakan pelatihan-pelatihan lain kepada masyarakat di desa-desa tempat mereka KKN.

Diadakannya pelatihan-pelatihan tersebut bertujuan sebagai pengisi kegiatan Kuliah Kerja Nyata mereka. Selain itu, mereka juga ingin membagikan dan mempraktikan langsung pengetahuan yang mereka dapat di kampus kepada masyarakat desa. (Nanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *