PUSPINDES Terima Kunjungan Lapangan DINPERMASDES Kabupaten Kendal

Para Peserta Kunjungan Studi dari Kabupaten Kendal di Kantor PUSPINDES Pemalang. Dokumentasi Tim PUSPINDES.
Para Peserta Kunjungan Studi dari Kabupaten Kendal di Kantor PUSPINDES Pemalang, Rabu-Kamis (28-29/03/2018). Dokumentasi Tim PUSPINDES.

Dalam rangka pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Kendal, Rabu (28/03), DINPERMASDES Kabupaten Kendal bersama rombongan yang terdiri dari para aparatur pemerintahan desa melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Pemalang. Tujuan utama kunjungan lapangan ini adalah melakukan studi banding terhadap SID yang ada di Kabupaten Pemalang.

Rombongan dari Kendal tiba di kantor PUSPINDES Pemalang pukul 13.00 WIB, setelah sebelumnya diterima dan disambut di kantor DINPERMASDES Kabupaten Pemalang. Di PUSPINDES sendiri lebih banyak kegiatan diskusi dan pengenalan tentang SIDEKEM – Sistem Informasi Desa dan Kawasan Kabupaten Pemalang. Selain itu, pada sesi ini juga diperkenalkan tentang hal-hal teknis yang masih termasuk dalam SID di Kab. Pemalang seperti website desa, peta desa, infografis APBDes dan media sosial desa.

Zaenal Muttaqin (berdiri) sedang mempresentasikan tentang SID kepada para peserta kunjungan studi banding dari Kendal. Dokumentasi Tim PUSPINDES.
Zaenal Muttaqin (berdiri) sedang mempresentasikan tentang SID di Kabupaten Pemalang kepada para peserta kunjungan lapangan dari Kabupaten Kendal. Dokumentasi Tim PUSPINDES.

Kegiatan kunjungan ini berlangsung selama dua hari dari pada 28 dan 29 Maret 2018. Diikuti 26 orang peserta yang terdiri dari berbagai unsur pemerintahan, yaitu 6 orang dari DINPERMASDES Kab. Kendal, ditambah 20 orang dari aparatur pemerintahan desa yang mewakili desa dan kecamatannya masing-masing.

“Tujuan studi banding ini kami ingin mengetahui, melihat dan mendengar secara langsung program SID (di Jawa Tengah, khususnya Kab. Pemalang) yang dicanangkan oleh Gubernur. Dan sepulang dari sini kita akan menerapkan ilmu-ilmu yang didapat dari PUSPINDES Kabupaten Pemalang” tutur Zaenuri dari Desa Pakis selaku perwakilan rombongan dari Kab. Kendal.

Di hari kedua, seselesainya melakukan studi di kantor PUSPINDES, rombongan kemudian menuju ke Desa Pegiringan, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Kunjungan ke desa bertujuan agar dapat melihat langsung praktik penerapan SIDEKEM di Kabupaten Pemalang. (Nanda)

Simak video singkat keseruan kunjungan lapangan teman-teman dari Kabupaten Kendal di Puspindes di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *