Semangat Belajar Ala Pak Dastro

Sore itu, matahari nampak diufuk barat hampir meninggalkan siang berganti malam di desa Lawangrejo Kabupaten Pemalang. Pak Dastro baru saja pulang dari balai desa untuk melayani masyarakat karena beliau sebagai salah satu perangkat desa tersebut. Cukup dengan istirahat dua jam di rumah, hanya sekadar melepas lelah, mandi, makan dan salat. Beliau kembali bersiap-siap untuk meninggalkan rumahnya di desa Lawangrejo.

Kali ini tujuan beliau adalah datang ke PUSPINDES untuk belajar komputer dasar. Meskipun usianya sudah tidak muda lagi, namun karena rasa ingin tahu yang teramat besar, beliau tidak segan meluangkan waktu disela-sela kesibukannya untuk belajar Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di PUSPINDES yang selalu buka 24 jam untuk masyarakat Pemalang dan sekitarnya. Beliau benar-benar memanfaatkan keberadaan PUSPINDES ini untuk mengembangkan potensi diri. Di dalam PUSPINDES sendiri terdapat relawan yang siap membantu atau memberdayakan masyarakat yang ingin belajar TIK kapanpun waktunya. Tidak hanya waktu tetapi juga pembawaan relawan yang ramah-ramah dan tidak pelit membagikan ilmuya sebisa mungkin dapat dimanfaatkan oleh warga Pemalang.

Kedatangan Pak Dastro disambut hangat oleh para relawan PUSPINDES, sebab hal ini merupakan kesempatan bagi relawan untuk memberdayakan potensi yang ada di desa melalui sumber daya manusianya. Semakin banyak sumber daya manusia yang diberdayakan maka semakin banyak pula potensi yang dapat digali dari desa tersebut, dan tentunya ini menjadikan desa-desa di Pemalang maju.

Berbagai hal dipelajari oleh pak Dastro, mulai dari belajar komputer dasar, Libre Office, SIDEKEM hingga Website. Tidak jarang beliau belajar hingga larut malam, hal tersebut terjadi setiap kali beliau datang ke PUSPINDES. Meski begitu raut lelah tidak nampak di wajah beliau, itulah yang menyebabkan para relawan semangat dan tentunya salut atas antusiasnya tersebut.

Semangat belajar yang dilakukan oleh Pak Dastro ini diharapkan dapat menginspirasi para perangkat desa maupun masyarakat untuk menggali potensi dalam dirinya agar bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya dengan memanfaatkan keberadaan PUSPINDES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *