Pelatihan Peta Desa Kecamatan Petarukan

Puspindes – (7/12), kali ini giliran kecamatan Petarukan yang mendapatkan jatah sebagai tuan rumah pelatihan pemanfaatan peta desa oleh Puspindes dan DINPERMASDES kabupaten Pemalang, bertempatan diruangan Pendopo Kecamatan Petarukan, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh desa di kecamatan Petarukan tanpa terkecuali.

Prestasi apik yang cukup membanggakan dan patut untuk kita acungi jempol untuk kecamatan Petarukan dan kecamatan Comal yang sebelumnya sudah melaksanakan pelatihan peta desa ini, karena kedua kecamatan ini yang notabene berada di wilayah pantura namun mampu menghadirkan seluruh desanya ikut andil dalam memeriahkan kegiatan pelatihan pemanfaatan peta desa ini, dengan torehan prestasi ini semoga bisa diadopsi oleh kecamatan-kecamatan lainnya.

Komitmen Kecamatan Petarukan

Seperti biasa, kegiatan pelatihan ini dibuka oleh salah satu wakil dari tuan rumah kecamatan, dalam pelatihan ini langsung dibuka oleh Slamet Purnomo  selaku  Sekretaris Camat Petarukan, ia juga mengatakan dalam sambutannya.

“Dengan adanya pelatihan peta desa ini, ia berharap nantinya desa-desa yang ada di kecamatan Petarukan agar bisa membuat sendiri nantinya”

Selanjutnya sambutan dari punggawa DINPERMASDES yaitu Indarto selaku Kasie PID DINPERMASDES kabupaten Pemalang, melalui sambutannya ia juga mengingatkan kembali kepada desa agar segera mengambil peta desa yang telah dibuat oleh BukaPeta.

Manfaat dari peta desa diantaranya untuk penentuan batas desa, perencanaan pembangunan serta mitigasi bencana dan lainnya.

pelatihan peta desa kecamatan petarukan
Indarto selaku Kasie PID DINPERMASDES kabupaten Pemalang sedang menyampaikan sambutannya

Dilanjutkan oleh Zaenal, selaku trainer dari Puspindes juga menjelaskan berbagai fungsi dan manfaat dari penerapan peta desa, tak hanya itu saja para peserta pelatihan juga diajarkan secara langsung bagaimana menggabungkan hasil foto udara yang diambil menggunakan pesawat tanpa awak (drone), yang hasilnya nanti akan menjadi sebuah peta dasar yang akan dimanfaatkan oleh desa.

pelatihan peta desa kecamatan petarukan
Suasana Pelatihan Peta Desa di Kecamatan Petarukan

Pada kegiatan pelatihan ini, desa menghadirkan debutan pentolannya yaitu Kader Pemberdayaan Masyarakat desa atau sering kita sebut dengan KPMD dan Perangkat Desa yang dinobatkan sebagai admin desa, melalui Surat Keputusan yang di tanda tangani oleh Kepala Desa setempat sebagai admin desa tahun 2018, Dengan mengikuti kegiatan pelatihan ini, diharapkan admin desa yang ditunjuk mampu mengimplementasikan penerapan serta pemanfaatan dari peta desa sebagai media perencanaan pembangunan serta manfaat lainnya.

Baca juga Pelatihan Peta Desa Kecamatan Comal

INFOGRAFIS PELATIHAN

Pelatihan Peta Desa Kecamatan Petarukan
Infografis Pelatihan Peta Desa Kecamatan Petarukan

Kecamatan Petarukan ini adalah kecamatan yang terpilih menjadi tempat terakhir terlaksananya kegiatan pelatihan peta desa pada tahun 2018, setelah 14 hari, mulai dari tanggal 19 November sampai dengan sekarang.

Dimulai dari kecamatan yang paling jauh, yaitu kecamatan Belik sampai dengan kecamatan Petarukan, semoga pasca pelatihan ini desa-desa di kabupaten Pemalang secara mandiri mampu memaksimalkan dalam penerapan pemanfaatan peta desa.

Penulis : Sumitro Aji Prabowo
Editor : Dedi Oktiawan

1 thought on “Pelatihan Peta Desa Kecamatan Petarukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *